Piala Sudirman di Tahun 2009

Hanya sampai di Semifinal.
Itulah hal yang bisa dicapai oleh tim kita (Indonesia).
Beberapa tahun silam, tim Indonesia masih sangat disegani di seluruh dunia.
Lain halnya dengan kondisi tim kita dibeberapa tahun ini. Bukannya mau merendahkan tim sendiri, jujur saja, klo membandingkan dengan tim lain seperti Korea Selatan, Malaysia, Denmark, kita sudah setara dengan mereka, bahkan gak jarang mereka menjungkirbalikkan kita, contoh nyatanya, kita di tumbangkan tim Korea Selatan di babak Semifinal. Klo kita masih ingat dengan pagelaran Piala Thomas terakhir beberapa waktu lalu (yang diselenggarakan di Indonesia), kita juga ditumbangkan oleh negara Korea Selatan. Paling mirisnya lagi, hal itu terjadi di depan publik sendiri.
Sangat menyedihkan tentunya….
Kalau melihat pertandingan kemaren (Piala Sudirman-Semifinal), harus kita akui tim kita memang belum kuat.
Kita bahas satu persatu (sesuai dengan urutan pertandingannya)
1. Nova/Lily vs Korea Selatan (Yang menang : Korea Selatan)
Komentar : Maaf. klo pertandingan ini aku belum sempat menonton. Tapi yang sangat disayangkan adalah, ganda nomor satu dunia ini bisa kalah klo gak salah dua set langsung. Menyedihkan memang….
2. Sony Dwi Kuncoro vs Park S H (Yang menang : Indonesia)
Komentar : Untuk pertandingan ini, aku hanya bisa memberikan 2 jempol buat jagoan kita ini,,, dia menunjukkan sikap pantang menyerah membela tanah air kita. Tapi, lagi-lagi…sebenarnya masih banyak kekurangan-kekurangan yang harus di benahi, seperti kontrol smesh, service di awal-awal dan bola-bola lob. Karena klo kulihat, Sony masih sering melakukan kesalahan.
3. Maria Kristin vs Hwang Hye Youn (Yang menang : Korea Selatan)
Komentar : Sebenarnya klo melihat kualitas, Maria jauh lebih baik dibanding lawannya. Tapi lagi2, Maria masih sering melakukan kesalahan, seperti :melakukan smesh yang terlalu melebar. Nilai-nilai yang diperoleh lawan adalah buah dari kesalahan Maria sendiri, jadi klo Maria mw ngambil nilai, dia harus berusaha sendiri karena lawan jarang sekali melakukan kesalahan.
4. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan vs Jung/Lee (Yang menang : Korea Selatan)
Komentar : Aku gak bisa komentar banyak. Karena pasangan yang diturunkan oleh tim Indonesia adalah pasangan yang bisa dibilang pasangan comot sana – comot sini (sorry buat PB PBSI, oh ya komentar untuk PB PBSI juga ada nanti). Dengan mudah, lawan bisa langsung unggul dua set langsung dan memastikan korsi di FINAL.
5. Untuk pertandingan ke lima, aku gak tau gimana kabarnya apakah tetap dimainkan atau tidak lagi, karena aku dah sempat kesal jadi tipi-nya di &*?>#@#&%(*&^E$%&…..
Hehehe…:)

Jadi, sudah jelas…
Tim Korea Selatan sudah lebih siap dibandingkan dengan tim Indonesia.
Itu harus kita akui…..

Kembali ke sebelum pertandingan Piala Sudirman ini digelar, berita menggembirakan dilontarkan oleh PB-PBSI. Dengan bangga mereka menyebut bahwa tim Indonesia kali ini adalah tim yang sudah cukup matang…Jadi, di targetkan mereka akan mampu menembus final pd pertandingan tersebut…
Pertama sih aku ngikut aja…

Ternyata…
Pas dibabak penyisihan, tim kita gak pernah sempurna untuk menang 5-0 dari masing-masing lawan,. Selalu ada kecolongan (masing-masing 4-1, untuk pertandingan melawan tim lainnya). Kita sebenarnya gak mau alasan-alasan yang membela diri keluar dari setiap pengurus,…
Kita pengen, yang jujur-jujur saja…
Jadi, masyarakat tahu, sebenarnya gimana sih kondisi PB PBSI ntu….
Tolong dong, buat PB PBSI supaya membuat program wajib militer (bukan mencontoh seperti negara China, tapi buat program yang membuat atlit tersebut bisa tetap berlatih dan disiplin). Klo kita lihat, mungkin secara kualitas, kita masih bisa mengimbangi China. Sebenarnya hanya kita yang bisa membungkam suara-suara mereka yang kadang kalo aku perhatikan, mereka semakin liar saja. Jadi, yang kurang dari tim kita adalah disiplin dan satu lagi, yaitu : MENTAL semangat bertanding yang masih kurang. Terlepas dari kabar para pemain yang sedang dibekap cedera. Klo ceritanya seperti ntu, kita dah gak bisa ngomong lagi….
Bila saja dua hal itu sudah bisa dimiliki oleh setiap pemain, aku rasa untuk menjadi seperti dahulu kala, gak terlalu sulit.

Terus buat pemain non-pelatnas…
Kita minta untuk bisa berjiwa besar.
Aku kurang tau masalah kalian dimana,,,,
Apakah mengenai pelatih, tempat latihan, atau masalah GAJI.
Tolong dong, semua ntu dikesampingkan klo udah namanya ingin membela negara…
Kita lihat saja Taufik Hidayat…
Menurut berita yang aku dengar, beliau keluar karena masalah pelatih dan gaji.
Pertama, klo masalah pelatih yang kurang tepat yang dipilih oleh PB PBSI, aku rasa PB PBSI harus bijak menyikapi hal ini. Hal itu harus bisa dilihat dari kacamata kedu belah pihak. Sediakan beliau dengan pelatih pilihannya. Terlepas mungkin dia jadi seperti anak emas. Tapi, kalo kita lihat, pemain seperti dia ntu sangat jarang di dunia ini. Dia punya service yang cukup bagus, pukulan smesh yang sangat tajam dan kuat, bola lob yang mematikan, pukulan back hand yang sangat keras (pukulannya hampir sama dengan pukulan smesh). Dia punya segalanya. Bahkan tim China sudah mengakuinya.
Kedua, klo masalah gaji….
Wah, aku hanya bisa geleng-geleng kepala saja.
Masa sih Taufik masih menuntut nilai yang lebih yang ditawarkan oleh PB PBSI??
Sementara, klo kita lihat sewaktu Taufik memengangi Olimpiade beberapa tahun silam, dia mendapat banyak uang, dan Gubernur DKI pada waktu ntu sendiri memberikan sebuah rumah kepadanya. Sebelum menjadi seorang atlit, dia juga sudah mampu untuk membeli sebuah mobil.
Jadi, lucu aja klo emang benar Taufik masih kurang setuju dengan gaji yang ditawarkan oleh PB PBSI.

Akhirnya,…

Berpulang dengan kita semua.

Gimana kita menyikapinya….

Pendapatku mengenai Piala Sudirman kali ini :

Kita masih harus banyak belajar dengan tim-tim lainnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: